PLN Tinjau Lokasi TPA Sampah Rawa Kucing Neglasari Sebagai Tempat Teknologi RDF Pengelolaan Sampah Perkotaan

PLN Tinjau Lokasi TPA Sampah Rawa Kucing Neglasari Sebagai Tempat Teknologi RDF Pengelolaan Sampah Perkotaan

TANGERANG - Setelah adanya kerjasama antara Pemerintah Kota Tangerang dengan PT. Indonesia Power, akhirnya PT. PLN meninjau tempat uji coba pengembangan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) sebagai sumber energi terbarukan dan pengelolaan sampah perkotaan. Tentunya ini merupakan program cofiring yang berlokasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Rawa Kucing, Negalsari, Kota Tangerang Rabu (28/4/2021).

Hadir dalam acara peninjauan tempat tersebut Walikota Tangerang H. Arif R. Wismansyah, Komisaris Utama PT. PLN (Persero) Amin Sunaryadi, Direktur Mega Projects & EBT PT. PLN  (Persero) Ikhsan  Asaad, Direktur Pengembangan dan Niaga PT. Indonesia Power Harlen dan jajaran Pemkot Tangerang.

Walikota Tangerang H. Arif R. Wismansyah menjelaskan bahwa Pemkot Tangerang terus berupaya untuk mengurangi sampah perkotaan salah satu cara yang di tempuh yakni dengan program RDF ini.

"Kita melakukan uji coba RDF ini, selain membantu Negara dalam meminimalisir pengeluaran biaya yang besar, program RDF ini juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar batu bara, " jelas Arif.

"Dalam menjalankan program RDF ini kami juga di dampingi oleh lembaga negara salah satunya KPK dan ikut merekomendasikan teknologi RDF untuk pengelolaan sampah perkotaan, " tambah Walikota.

Arif melanjutkan, bahwa Pemkot selam enam hari sudah melakukan pengolahan sampah menggunakan teknologi RDF, dan hasil nya telah dikirim ke PLTU Lontar untuk di uji coba dan di hitung kalorinya.

"Dari Jum'at kemarin sudah kami olah dan menghasilkan 1.5 ton RDF serta 800 kg  sudah kami kirim ke PLTU Lontar untuk di hitung kalorinya, " papar Arif.

Arif pun berharap kedepannya, ada sinergitas Anata pemerintah Daerah dengan PT. PLN dan PT. Indonesia Power untuk mendukung pengembangan RDF untuk energi terbarukan.

"Saya berharap, kami nanti bisa didukung oleh PLN dan PT. Indonesia Power di dukung oleh pengembangan SDM serta teknologi sehingga kami Pemerintah Daerah bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan sampah  sesuai dengan keinginan Presiden, " harap Arif.

Dalam waktu yang sama Harlen sebagai Direktur Pengembangan dan Niaga PT. Indonesia Power juga menyampaikan terimakasih terhadap Pemkot Tangerang atas kerjasama yang telah dilakuan terkait dengan program Cofiring menggunakan RDF.

"Kami sudah mengimplementasikan, semoga kerjasama ini bisa menyelesaikan masalah sampah perkotaan dan energi terbarukan. Kami akan meningkatkan alat yang ada agar program ini dapat berhasil dan menjadi motivasi kami untuk bisa menghasilkan listrik, " pungkas Harlen. (Habibi)

Habibi

Habibi

Previous Article

Antisipasi Covid-19 Walikota Tangerang Bahas...

Next Article

Bukber dan Takjil Gratis BPPKB DPRT Buaran...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Habibi

Follow Us

Recommended Posts

Kapolda Banten: Mulai Pukul 00.00 Wib, Semua Pintu Masuk-Keluar Banten Ditutup
Ketum BP Tipikor Dr. Bahru Navizha SH., SE., MM Berikan Apreasiasi Terhadap Tenaga Medis Covid-19
Launching Rumah Baca InfoTerbit-FPMI di Tanara Serang, Anak Pekerja Migran Gratis Periksa Kesehatan dan Dapat Vitamin
Balita Pasien Puskesmas Petir Kejang-kejang Dinkes Kota Tangerang Bantah Berikan Obat Kadaluarsa
Masih Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Walikota Tangerang Rayakan Idul Fitri Gunakan Jejaring Sosial