Dinkes Kota Tangerang Lakukan Pengecekan Kualitas Makanan dan Minuman Aneka Takjil

Dinkes Kota Tangerang Lakukan Pengecekan Kualitas Makanan dan Minuman Aneka Takjil

TANGERANG - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, di bulan ini semua orang tak akan sulit untuk menemukan aneka macam jajanan makanan dan minuman serta takjil, untuk menjaga kualitas, kebersihan dan kesehatan dari berbagai jenis makanan dan minuman tersebut di perlukan pengecekan kualitas, Dinas Kesehatan Kota Tangerang langsung terjun dan melakukan pengecekan di 13 Kecamatan secara serentak, sekitar 401 makanan dan minuman yang dijual di pusat keramaian, dilakukan screening cepat untuk untuk mengetahui ada tidak nya kandungan zat kimia dan bakteri yang membahayakan tubuh manusia. Jumat (30/4/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Tangerang dr. Harmayani, MPH menjelaskan setiap kecamatan diambil 25 hingga 40 sampel yang dilakukan oleh petugas puskesmas melalui pendampingan kecamatan dan kelurahan setempat, sample yang diambil diantaranya batagor, tahu, soto mie, siomay, bakso, gendar, kwetiau, lumpia, pacar cina, dan berbagai jenis takjil lainnya.

"Pengambilan sampel di fokuskan pada titik-titik keramaian jajanan takjil, ini dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab Pemkot Tangerang melaluai Dinkes untuk melakukan pembinaan dan pengawasan pangan yang beredar di Kota Tangerang, " jelas dr. Harmayani.

Lanjut dr. Harmayani hasil dari pengecekan kualitas makanan dan minuman dati 401 sample, telah di temukan 21 sample mengandung kandungan kimia atau bakteri berbahaya. 

"Jenis sample yang mengandung kandungan kimia dan bakteri di dominasi jenis takjil berbagai tahu, juga di temukan pada kikil, siomay, ceker, kerupuk pasir, pacar cina, seblak, Arum manis, hingga lumpia, jelasnya.

Lanjut dr. Harmayani, ke 21 sample tersebut akan di dalami kandungan kimia dan bakterinya di UPT Labkesda Kota Tangerang, serta akan dilakukan tindak lanjut secara persuasif berupa pembinaan dan edukasi terhadap para pedagang yang bersangkutan.

"Dinkes akan memberitahu bahaya terparah akan kandungan kimia yang mereka pakai, Dinkes juga akan memberikan solusi jenis bahan pengganti hang aman dan layak di konsumsi oleh konsumen, " ujarnya.

Pengecekan kualitas makanan akan dilakukan secara rutin oleh Dinkes Kota Tangerang pertiga hingga enam bulan sekali, ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dan pembaharuan data pangan yang beredar di Kota Tangerang.

"Pengecekan kualitas makanan dan minuman di kota Tangerang akan di lakukan secara berkala, ini bentuk tanggungjawab kami dan sebagai pembaharuan data pangan yang beredar di Kota Tangerang, " pungkasnya. (Habibi)

Habibi

Habibi

Previous Article

Dinas Sosial Kota Tangerang Kembali Salurkan...

Next Article

May Day, Pesan Walikota Tangerang Agar Para...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Habibi

Follow Us

Recommended Posts

Kapolda Banten: Mulai Pukul 00.00 Wib, Semua Pintu Masuk-Keluar Banten Ditutup
Ketum BP Tipikor Dr. Bahru Navizha SH., SE., MM Berikan Apreasiasi Terhadap Tenaga Medis Covid-19
Launching Rumah Baca InfoTerbit-FPMI di Tanara Serang, Anak Pekerja Migran Gratis Periksa Kesehatan dan Dapat Vitamin
Balita Pasien Puskesmas Petir Kejang-kejang Dinkes Kota Tangerang Bantah Berikan Obat Kadaluarsa
Masih Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Walikota Tangerang Rayakan Idul Fitri Gunakan Jejaring Sosial