Jelang Lebaran Dinkes Kota Tangerang Gencar Laksanakan Tes GeNose

Jelang Lebaran Dinkes Kota Tangerang Gencar Laksanakan Tes GeNose

TANGERANG - Melakukan langkah antisipatif dalam upaya pencegahan klaster baru di bulan Ramadhan ini. Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai gencar melakukan tes GeNose atau tes cepat melalui hembusan napas di berbagai pusat keramaian, untuk tahap awal Dinkes melaksanakan di terminal Poris Plawad dan Stasiun Tangerang. Rabu (5/5/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi menjelaskan bahwa tes GeNose akan dilakukan secara masif hingga beberapa minggu kedepan, Dinkes terutama akan menyasar tempat-tempat keramaian, ke pasar-pasar dan dimungkinkan akan ke RW zona merah.

"Tahap awal kami akan menyasar 200 peserta, di mulai dari para penumpang, para sopir bus dan masinis, jika ada peserta yang positif Dinkes akan segera mengirim ke Puskesmas terdekat, untuk dilakukan swab PCR hingga tindakan isolasi di rumah, " jelas dr. Liza.

Liza menambahkan tes GeNose memiliki keakuratan hingga 90% dan memiliki proses Covid-19 yang cukup cepat, kurang lebih dari tiga menit peserta sudah mengetahui hasil tes Covid-19. Dinkes menggelar tes GeNose ini secara gratis untuk warga Kota Tangerang.

"Dinkes berharap walaupun tes ini gratis namun masyarakat yang di ajak untuk tes agar GeNose agar dapat proaktif dan tidak panik, tes GeNose bisa menjadi gerakan kerjasama kita semua untuk mempercepat screening dan pemutusan mata rantai virus Covid-19, " ungkapnya.

Disisi lain para peserta banyak yang menyambut baik terkait dengan adanya fasilitas tes cepat Covid-19 ini bahkan secara gratis.

Ruhiyat salah satu penumpang KRL mengaku tes GeNose secara gratis ini sering dilakukan terlebih lagi akan mendekati waktu lebaran dan tentu ada potensi penyebaran virus Covid-19 saat masyarakat berburu takjil.

"Alhamdulillah hasilnya negatif, sering-sering lah ada pengetesan secara gratis begini dan semoga masyarakat lebih timbul kesadaran nya agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan, jadi semua bisa bekerjasama sehingga Covid-19 bisa dikendalikan, " kata Ruhiyat. (Habibi)

Habibi

Habibi

Previous Article

Wakil Walikota Tangerang Tinjau Pasar Pastikan...

Next Article

SIKM Kota Tangerang Mulai Diberlakukan Hari...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Habibi

Follow Us

Recommended Posts

Kapolda Banten: Mulai Pukul 00.00 Wib, Semua Pintu Masuk-Keluar Banten Ditutup
Ketum BP Tipikor Dr. Bahru Navizha SH., SE., MM Berikan Apreasiasi Terhadap Tenaga Medis Covid-19
Launching Rumah Baca InfoTerbit-FPMI di Tanara Serang, Anak Pekerja Migran Gratis Periksa Kesehatan dan Dapat Vitamin
Balita Pasien Puskesmas Petir Kejang-kejang Dinkes Kota Tangerang Bantah Berikan Obat Kadaluarsa
Masih Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Walikota Tangerang Rayakan Idul Fitri Gunakan Jejaring Sosial