Antisipasi Stok Darah Selama Ramadhan Kurang PMI Kota Tangerang Gelar Donor Darah Road To Masjid

Antisipasi Stok Darah Selama Ramadhan Kurang PMI Kota Tangerang Gelar Donor Darah Road To Masjid

TANGERANG - Walau saat ini dalam situasi bulan puasa namun tidak menyurut kan semangat PMI Kota Tangerang untuk menggelar donor darah road to masjid sebulan penuh. Dengan tujuan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah selama bulan Ramadhan.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansah mengatakan bahwa untuk melaksanakan program ini PMI menurunkan lima tim setiap harinya, semua tim akan menyebar ke berbagai masjid yang ada di Kota Tangerang secara bergantian saat usai shalat tarawih.

"Selama bulan Ramadhan, PMI akan mendatangi masjid atau tempat umum lainnya, seluruh petugas yang kami kerahkan akan mengajak jemaah untuk donor darah karena tidak bisa dipungkiri selama Ramadhan kekurangan stok darah pasti terjadi, karena minimnya pendonor, " jelas Oman. Kamis (15/4/2021).

Oman menambhakan, selama Ramadhan penurunan pendonor sangat drastis bisa mencapai 70%, sedangkan untuk saat ini stok darah di PMI Kota Tangerang hanya ada 4000 kantong darah. Target stok darah selama Ramadhan harus mencapai 10.000 kantong darah.

"Kita akan gunakan sistem Opor yaitu satu orang pendonor mengajak satu orang lagi dan seterusnya, dengan cara tersebut target stok darah akan tercapai, biasanya pada bulan Ramadhan permintaan darah pasti akan tinggi, " ungkap Oman.

Sementara bagi masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI akan terus menyediakan donor Plasma Konvalesen, donor ini dikhususkan bagi masyarakat yang sudah dinyatakan negatif Covid-19, dan yang akan diambil plasmanya untuk penawar pasien yang masih terpapar oleh virus Covid-19.

"Untuk plasma Konvalesen husus buat pasien yang sudah sembuh, jarak donor Plasma ini adalah lima Minggu setelah orang tersebut dinyatakan sembuh dari virus corona. Jadi bagi masyarakat yang sudah sembuh silahkan untuk melakukan donor plasma Konvalesen, " tutupnya. (Habibi)

Habibi

Habibi

Previous Article

Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Provinsi...

Next Article

Pemkot Tangerang Gelar Acara Sosialisasi...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Habibi

Follow Us

Recommended Posts

Kapolda Banten: Mulai Pukul 00.00 Wib, Semua Pintu Masuk-Keluar Banten Ditutup
Ketum BP Tipikor Dr. Bahru Navizha SH., SE., MM Berikan Apreasiasi Terhadap Tenaga Medis Covid-19
Launching Rumah Baca InfoTerbit-FPMI di Tanara Serang, Anak Pekerja Migran Gratis Periksa Kesehatan dan Dapat Vitamin
Balita Pasien Puskesmas Petir Kejang-kejang Dinkes Kota Tangerang Bantah Berikan Obat Kadaluarsa
Masih Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 Walikota Tangerang Rayakan Idul Fitri Gunakan Jejaring Sosial